Pembinaan terhadap petugas TKSK  dan  PKH Kecamatan Ajibarang

Pembinaan terhadap petugas TKSK dan PKH Kecamatan Ajibarang

Kegiatan Pembinaan dan Koordinasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Petugas Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayah Kecamatan Ajibarang yang bertempat di Pendopo Kecamatan Ajibarang ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan sekaligus memberikan evaluasi kinerja TKSK dan PKH pada semester pertama tahun 2021.

TKSK dan PKH saat memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pertolongan sosial demi mencapai kondisi kesejahteraan sosial. Pembentukan dan Penugasan TKSK dan PKH diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan, disamping itu juga terwujudnya koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi program dan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan, dan terjalinnya kerja sama dan sinergi antara program penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan program-program pembangunan lainnya di tingkat kecamatan.

Camat Ajibarang Parsono, S. Sos., M. Si membuka kegiatan dan menjadi menyampaikan materi tentang kebijakan Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam hal Pembinaan terhadap TKSK dan PKH.

Untuk TKSK dan PKH sesuai dengan arahan Bupati Banyumas, disampaikan bahwa TKSK dan PKH harus mampu tampil di depan dan selalu memberikan andil dalam percepatan penurunan angka kemiskinan, yang artinya meningkatnya kesejahteraan sosial masyarakat. Implementasi Program-Program dari TKSK dan Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Banyumas harus terus menunjukan pencapaian positif. Dalam masa pandemi, kedua program ini diuji sangat keras untuk menjadi ujung tombak yang membantu menopang tegaknya perekonomian masyarakat terlebih di masa PPKM Darurat.

Dalam kesempatan itu Camat Ajibarang juga menyampaikan, pentingnya pengawasan terhadap praktek pungli pada saat pemberian bantuan di setiap lini dan penerapan protokol kesehatan baik pada petugas TKSK maupun PKH. Dan tak kalah pentingnya adalah penyampaian informasi kepada masyarakat terkait pandemi, sehingga masyarakat bisa bersikap dengan baik dan benar dalam mensikapi pandemi covid-19 ini. Harapannya, dengan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi ini, pandemi covid-19 segera dapat berlalu dan hilang dari bumi Ajibarang khususnya dan Indonesia serta dunia pada umumnya.

Related Posts

Komentar