Rakor Usaha Kesehatan Sekolah se - Kecamatan Ajibarang

Rakor Usaha Kesehatan Sekolah se - Kecamatan Ajibarang

Kecamatan Ajibarang bersama dengan Kepala Puskesmas I Ajibarang menggelar rapat koordinasi Usaha Kesehatan Sekolah di Ruang Pertemuan Puskesmas I Ajibarang, pada hari ini Rabu 23 Maret 2022 sekira pukul 08.30 WIB. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Camat Ajibarang yang diwakili oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Ika Prihrahayu, S. Sos., M.A.P., Kepala Puskesmas I Ajibarang, para koordinator UKS masing-masing sekolah dalam wilayah Kecamatan Ajibarang.

UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah adalah merupakan program yang sudah lama dicanangkan oleh Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah atau kemampuan untuk dapat hidup sehat bagi warga sekolah. Dengan melalui program ini harapannya adalah dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang sehat dan optimal sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas serta berdaya saing tinggi.

Usaha Kesehatan Sekolah diselenggarakan bertujuan secara umum untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta bisa menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia yang sehat, berkualitas dan berdaya saing tinggi. UKS diselenggarakan secara khusus untuk membuat murid sebagai warga sekolah dan masyarakat terbiasa hidup sehat sehingga dengan sendirinya lingkungan sekitar dan wilayah yang lebih luas lagi akan terjaga juga. Sasaran program ini meliputi seluruh peserta didik baik pada tingkat sekolah Taman Kanak-Kanak, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Agama, Pendidikan Kejuruan maupun Pendidikan Khusus.

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Ajibarang menyampaikan harapannya untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan perilaku sehat dan bersih, pihak sekolah harus melaksanakan Unit Kesehatan Sekolah dengan meliputi pendidikan. Pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan sehat. Usaha Kesehatan sekolah agar bisa menjadi salah satu penopang kemajuan kesehatan di wilayah maupun lingkungan sekolah wilayah Kecamatan Ajibarang ini. Pola hidup sehat selama para peserta didik masih berada di bangku sekolah, baik langsung maupun tidak langsung akan terwujud dalam kehidupan mereka terutama di lingkungan masyarakat serta keluarga. Pemerintah Kecamatan Ajibarang mengharapkan agar Tin Pembina UKS ini bisa menumbuhkan pemahaman dan pengertian tentang betapa pentingnya kesehatan.

 

 

 

@ktepalk

Related Posts

Komentar