Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Perempuan bagi warga Desa Ciberung Kecamatan Ajibarang

Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Perempuan bagi warga Desa Ciberung Kecamatan Ajibarang

Ibu Bupti Erna Sulistyawati Achmad Husein dan Camat Ajibarang Parsono,S.sos,M.Si, tepatnya pada hari Senin (13/12/2021) berkunjung ke Desa Ciberung untuk menyaksikan Pelatihan Pemulasaran Jenazah bagi perempuan melalui pemberian materi secara teori maupun praktek secara langsung, di Balai Desa Ciberung.
Dihari oleh puluhan warga Desa Ciberung, Peserta mendapat penjelaskan tentang hal yang harus dilakukan terhadap jenazah setelah meninggal, seperti memejamkan kedua matanya, mengikat kedua bibirnya, menggerak-gerakkan dan melemaskan persendiannya, mengikat kedua kakinya agar tidak keluar kotoran, melepaskan pakaian dengan tetap menjaga auratnya dan meletakkan sesuatu yang berat di atas perutnya agar tidak kembung seperti pisau dan lainya. Selanjutnya mengafani jenazah, hendaknya dengan sesuatu yang suci dan dapat menutup seluruh badannya meskipun dengan satu baju dan hukumnya adalah fardhu kifayah, kain kafan hendaknya (sunnah) berwarna putih, diolesi dengan wewangian. Kain kafan yang dipergunakan untuk laki-laki sebanyak tiga lapis, dan untuk perempuan sebanyak lima lapis.


Dengan mempertimbangkan hal tersebut diatas, maka Desa Ciberung memfasilitasi warga agar lebih memahami tata cara Pemulasaran Jenazah dengan mengadakan pelatihan Pengurusan Jenazah khususnya untuk warga Muslim yang berada di wilayah Desa Ciberung. 

Related Posts

Komentar